Kisah Bayi Debora Menjadi Pelajaran Bagi Semua Rumah Sakit

Jakarta – Lembaga Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) akan segera menindaklanjuti kejadian atas meninggalnya bayi yang bernama Tiara Deborah Simanjorang dalam uasia 4 bulan. Dan dari pihak keluarga serta Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres juga akan segera langsung dimintai keterangan.

Kisah Bayi Debora Menjadi Pelajaran Bagi Semua Rumah Sakit

Dengan Meninggalnya bayi yang bernama Deborah diduga disebabkan keterlambatan penanganan pada saat bayi dalam keadaan kondisi kritis. “Keterangan serta informasi yang akan dikumpulkan pada saat nanti bisa menjadi pertimbangan bagi lembaga BPKN dalam bersikap serta memberi rekomendasi kepada anggota pemerintah,” ujar anggota BPKN 2017-2020, yaitu Rizal E Halim, seperti yang dikutip dari Antara pada hari Minggu (10/9/2017).

Sedangkan BPKN pun juga akan berkoordinasi dengan lembaga Kementerian Kesehatan serta Komisi Ombudsman Nasional. Dan Rizal juga berharap kepentingan kemanusiaan akan lebih dikedepankan pada saat-saat genting.

“Kita juga berharap pada saat dihadapkan dalam masalah kemanusiaan, maka semua kepentingan komersial ada juga baiknya dikesampingkan untuk sementara,” kata dia.

Dan Rizal juga mengatakan, bahwa kasus meninggalnya bayi yang bernama Deborah di RS Mitra Keluarga Kalideres bisa menjadi momentum untuk menata semua layanan rumah sakit dalam skala nasional.

“Serta Layanan dari rumah sakit juga harus dapat menyeimbangkan antara kepentingan bisnis atau kepentingan kemanusiaan,” kata dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) tersebut.

Dan Rizal juga mengakui memang keduanya seringkali tidak akan sejalan. Tetapi, manajemen rumah sakit seyogyanya bisa bijak dalam menyikapi kasus per kasus.

Sedangkan di sisi lain, Rizal juga berharap seluruh rumah sakit untuk segera mengikutsertakan diri ke dalam program BPJS Kesehatan yang saat ini sudah berjalan sejak 2014. Karena Hal ini bisa sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi, khususnya dalam memberikan rasa keadilan bagi seluruh umat masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *