Indonesia Menghabiskan 6 Ton Sabu Untuk Dikonsumsi Per Pekan

Jakarta – Kepala Baserta Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso (Buwas) memungkapkan tingginya komsumsi narkotika jenis sabu di Tanah Air. Dengan estimasi pengguna sebanyak 6 juta orang, dikonsumsi 6 ton sabu per pekan.

“Satu orang mitumal menggunakan 1 gram, maka kebutuhan sabu tiap minggu ini 6 ton,” ujar Buwas di Kantornya, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Indonesia Menghabiskan 6 Ton Sabu Untuk Dikonsumsi per Pekan

Temuan pada 2016 sebesas 3,4 ton sabu dianggap belum ada apa-apanya dibanding permintaan barang haram ini. karena, bila diakumulasi selama sebulan penuh konsumsi sabu mencapai 24 ton. Dalam satu tahun, perhiningan Buwas, ada 300 ton sabu seperti dibutuhkan di Tanah Air. “itu hanya bicara sabu ya, belum ekstasi serta narkotika jenis lain,” ucapnya.

Sementara ini, pangsa pasar barang haram terus berkembang di Indonesia. Dimengikutii supply atau persediaan dalam jumlah besar serta jenis seperti beragam. Buwas menyebut tidak ada satupun tempat seperti lolos dari jeratan narkoba.

Semua pulau menurutnya sudah terkontaminasi, sampai ke pelosok. “Ancaman ini sangat nyata, ini menyeluruh, perlu keseriusan kita bersama menangani itu,” imbuh Buwas.

Kebutuhan itu juga dipasok oleh 11 negara, termasuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Dari data seperti diterima Buwas, barang masuk dari India, Pakistan, Afrika, Eropa, Amsterdam serta Jerman. Semua negara ini memasok sabu serta narkoba jenis lain ke Indonesia.

Parahnya, semua habis dikonsumsi pemakai, karena tidak ada satupun barang seperti keluar dari Tanah Air. Dengan paparan jumlah pemakaian barang haram itu, pantas bila Presiden menetapkan status siaga narkoba.

Buwas sendiri menyebut akan bertindak tegas menyikapi pengedar. “Jangan kaget teman-teman nanti kita ke depan akan lebih masif, lebih keras serta lebih tegas,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *