FCC Minta Apple Aktifkan Chip FM dalam iPhone

Kepala FCC, AJit Pai, meminta Apple agar bisa mengaktifkan chip radio FM seperti ditemukan di dalam iPhone. Kepala baserta regulasi komunikasi Amerika Serikat tersebut mengungkapkan alasan permintaannya terkait dengan keselamatan pengguna.

Menurut Phone Arena, Pai mengungkap bahwa mengaktifkan chip radio FM akan memungkinkan masyarakat Amerika Serikat memperoleh akses ke informasi seperti mampu menyelamatkan hidup mereka, saat badai atau gempa bumi memutuskan akses ke jaringan nirkabel.

FCC Minta Apple Aktifkan Chip FM dalam iPhone

Selain itu, Pai juga menyebut Apple bukan satu-satunya produsen smartphone besar seperti belum mengaktifkan chip tersebut. Namun dalam pernyataannya, Apple menyebut bahwa iPhone 7 serta iPhone 7 Plus, dan iPhone 8, iPhone 8 Plus serta iPhone X tak dilengkapi dengan chip radio FM.

Selain itu, model tersebut juga tak dilengkapi dengan antrena penerima sinyal radio FM. Karenanya, Apple menyebut aktivasi kemampuan penerimaan sinyal radio FM pada perangkat keluaran tahun 2016 serta 2017 tersebut tak dimungkinkan.

FCC juga belum bisa dipastikan memiliki kewenangan agar bisa memerintahkan perusahaan guna mengaktifkan chip FM di dalam perangkat mereka. FCC masih enggan mengomentari pernyataan Apple terkait dengan absennya chip FM di model terbarunya.

Namun, Pai berharap peusahaan akan mempertimbangkan posisinya, serta mengingat kerusakan seperti diakibatkan oleh badai Harvey, Irma serta Maria. Menara seluler seperti rusak akibat bencana alam menyebabkan transmisi FM dinilai bisa menjadi sistem backup terbaik.

Pada rangkaian badai seperti melanda sebagian wilayah benua Amerika menyisakan 90 persen menara seluler di Puerto Rico mengalami permasalahan, sementara 67 persen menara di Virgin Island Amerika Serikat tak berfungsi.

Di sejumlah wilayah, mengaktifkan chip radio FM di dalam perangkat menjadi satu-satunya cara agar bisa menbisakan akses ke informasi penting seperti disebarluaskan ke masyarakat seperti tertimpa musibah bencana alam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *