Stok Pangan Cukup hingga Akhir Tahun

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin stok 11 komoditas strategis cukup memenuhi kebutuhan warga. Terlebih, jelang perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

“Yang penting tahun ini cukup stok untuk 11 komoditas strategis,” tegas Amran usai pembahasan pangan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017.

Amran menegaskan setidaknya stok masih aman hingga akhir tahun meski beberapa komoditas tetap harus diimpor untuk ketersediaan tahun depan.

“Dari 11 komoditas yang masih impor antara lain kedelai, daging, dan gula. Gula itu, brown sugar dan white sugar,” ujar Amran.

Komoditas yang stoknya masih cukup ialah kedelai, jagung, cabai, bawang, gula pasir, daging ayam, daging sapi, telur, dan beras. Amran berterima kasih kepada Satgas Pangan yang sukses menjaga kestabilan harga. Apalagi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas harga tanpa harus mengimpor beras.

“Untuk bawang merah bahkan kita ekspor ke enam negara. Jagung dan cabai segar stabil harganya, bahkan kita ekspor,” ucap dia.

Terjaganya stok juga didukung Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian yakin kebutuhan terpenuhi meski masih ada kendala distribusi.

Operasi pasar juga bakal dilaksanakan dengan pengawalan aparat, baik di tingkat pusat maupun daerah. Satgas Pangan dipastikan bergerak agar masyarakat nyaman dan pemerintah tak perlu mengeluarkan dana subsidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *