XL Mulai Fokus Perluas Jaringan di Luar Jawa

XL Axiata akan fokus mengembangkan jaringan telekomunikasi di luar Jawa.

XL Mulai Fokus Perluas Jaringan di Luar Jawa

CEO XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan, tahun ini, XL mengalokasikan CAPEX (Capital Expenditure) sebesar Rp7 triliun. Sebanyak 90 persen dari CAPEX, sebesar Rp6,7 triliun, akan digunakan untuk mengembangkan jaringan dan juga IT.

Sebanyak 15 persen dari Rp6,7 triliun tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan IT sementara sisanya akan digunakan untuk mengembangkan jaringan. Itu artinya, dana yang XL alokasikan untuk pengembangan jaringan mencapai Rp5,695 triliun.

Dari total dana tersebut, sebesar 55 persen akan digunakan untuk mengembangkan jaringan di luar Pulau Jawa, seperti di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Sebesar 45 persen akan digunakan untuk mengembangkan jaringan di Pulau Jawa.

Wanita yang akrab dengan sapaan Dian ini menyebutkan, pembangunan jaringan di Jawa meliputi peningkatan kapasitas. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas jaringan.

Director of Finance, XL Axiata, Mohamed Adlan Ahmad Tajudin menjelaskan, alasan XL fokus untuk mengembangkan jaringan di luar Jawa adalah karena besarnya potensi di kawasan tersebut.

“Ada kesempatan besar di luar Jawa karena memang tidak ada kompetisi,” ujar pria yang sering dipanggil Adlan ini. “Kita melihat potensi perkembangan di luar Jawa lebih besar dari di Jawa, karena itulah kami melakukan investasi di luar Jawa.”

Adlan menjelaskan, di Jawa, persaingan lebih ketat karena ada banyak operator telekomunikasi yang beroperasi. Selain itu, ARPU (Average Revenue Per User) di luar Jawa juga lebih tinggi.

Namun, Adlan menyebutkan, pada akhirnya, pendapatan yang didapatkan dari dalam dan luar Jawa tidak jauh berbeda. Karena, meskipun ARPU di dalam Jawa lebih rendah, tapi jumlah penggunanya banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *