Rekonsiliasi Digunakan Untuk Tangkal Konflik

Staf Ahli Deputi V Kantor Staff Presiden Ifdhal Kasim menganggap UnSertag-UnSertag Pemerintahan Aceh (UUPA) belum mampu menyembuhkan masyarakat Aceh dari konflik. Sebagai daerah pascakonflik, masyarakat Aceh perlu penyembuhan secara psikologis.

Rekonsiliasi Digunakan Untuk Tangkal Konflik

Namun sayangnya, penyembuhan psikologis pun belum ditangani dengan baik. Ifdhal menyebut, cara terbaik saat ini untuk mencegah konflik muncul kembali adalah dengan rekonsiliasi.

“Rekonsiliasi ini perlu ditangani pemimpin Aceh dengan serius,” ujar Ifdhal dalam diskusi ‘Meneropong Aceh dari Jauh’ di Atjeh Connection Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu, 17 Februari 2018.

Rekonsiliasi dianggap cara tepat lantaran UUPA bagai jalan di tempat Serta tak pernah menyembuhkan psikologis masyarakat Serambi Mekkah.

Rekonsiliasi yang dimaksud Ifdhal adalah menjembatani komunikasi seluruh masyarakat Aceh, dari masyarakat pesisir hingga dataran tinggi sehingga bisa melihat Aceh secara keseluruhan.

“Saat ini masyarakat perlu rekonsiliasi internal antarmasyarakat Aceh sehingga bisa menghindari konflik muncul kembali. Jangan sampai menunggu terjadinya konflik untuk melakukan rekonsiliasi,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *