Inilah Tata Cara Merekam Video Game di PS4

Salah satu konten yang YouTuber sajikan adalah video gameplay atau permainan mereka yang direkam. Hal ini juga didukung dari kemampuan platform atau konsol gaming yang telah menyediakan fitur merekam seluruh aktivitas permainan.

Inilah Tata Cara Merekam Video Game di PS4

PlayStation 4 (PS4) misalnya, di dalamnya sudah terdapat fitur untuk merekam aktivitas permainan, yang natinya bisa Anda simpan dan sunting di PC atau laptop menggunakan software penyunting sebelum diunggah ke YouTube.

Medcom.id telah membuat panduan singkat untuk menggunakan fitur yang bernama video recording di konsol PS4.

1. Mengatur durasi video recording
Sebelum Anda masuk ke game dan merekam permainan Anda maka terlebih dahulu Anda harus mengatur durasi rekaman video atau video recording yang akan dibuat. Pada halaman home screen PS4 tekan tombol Share yang ada di controller.

Nanti akan tampil sebuah kolom berisi menu di sisi kanan layar. Pada kolom tersbeut pilih menu Sharing and Broadcast Settings. Maka Anda akan disajikan halaman menu yang baru berisi beberapa opsi menu pengaturan, pilih Lenght of Video Clip untuk mengatur durasi waktu rekaman video.

Apabilsa sudah, kembali ke halaman home screen dan masuk ke game yang ingin Anda mainkan dan rekam.

2. Cara mengaktifkan video recording di dalam game
Saat Anda tengah memainkan game dan bersiap untuk mulai merekam aktivitas permainan Anda. Anda harus menekan dua kali tombol Share dalam waktu singkat yang akan mengaktifkan fitur video recording.

Apabila berhasil, akan muncul ikon yang menandakan bahwa Anda sudah mengaktifkan fitur tersebut dan aktivitas permainan Anda sedang direkam.

Untuk menghentikannya atau menyelesaikan rekaman video yang dilakukan sebelum batas durasi, Anda cukup menekan tombol Share di controller tadi sebanyak dua kali dalam waktu singkat.

Anda akan melihat notifikasi di sisi kiri layar yang menyebutkan bahwa proses video recording telah selesai.

3. Mengambil video yang sudah direkam untuk dibagikan
Sebagian dari Anda mungkin lebih senang menyunting video yang akan diunggah lewat software khusus di PC atau laptop. Jadi Anda ingin mengambil video yang sudah direkam tadi.

Caranya, Anda kembali ke halaman home screen PS4 lalu pilih menu Capture Gallery yang ada di deretan game pada PS4.

Setelah itu pilih folder galeri berdasarkan game yang tadi Anda mainkan, di dalamnya Anda akan menemukan video yang sudah Anda rekam dan bisa dibagikan lewat flashdisk yang terhubung ke port USB PS4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *