Masalah Pemasangan Ban F1 akan Diseldiki FIA

Menjelang Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Internasional Shanghai, Tiongkok, Federasi Automobil Internasional (FIA) akan menyelidiki masalah pemasangan ban mobil. Investigasi ini dirasa sangat perlu menyusul tragedi di GP Bahrain pekan lalu.

Masalah Pemasangan Ban F1 akan Diseldiki FIA

Masalah pemasangan ban menjadi sorotan pada FIA yang dinilai bukan lagi karena kebetulan. Pada tes pramusim 2018, masalah tersebut menimpa McLaren dan Haas yang membuat bannya copot ketika berpacu di trek Catalunya.

Teranyar, masalah tersebut menelan korban luka dari salah satu mekanik tim Ferrari pada sesi balapan di GP Bahrain. Francesco Cigorini mengalami cedera kaki setelah disenggol mobil Kimi Raikkonen saat bannya tengah diganti.

Akibat insiden tersebut, Cigorini harus dilarikan ke rumah sakit Bahrain untuk menjalani operasi. Beruntung, operasi mekanik Ferrari tersebut dikabarkan berjalan lancar.

Menjelang GP Tiongkok, Direktur FIA, Charlie Whitting, mengatakan pihaknya telah mendiskusikan masalah tersebut. Ia berharap tim lainnya untuk lebih berhati-hati dan belajar dari yang sudah terjadi.

“(Ya) tentu. (Fernando) Alonso kehilangan bannya pada tes dan kami menyelidikinya bersama McLaren, mereka memberim kami laporan. Kami telah mendiskusikannya dengan grup teknisi untuk memahami, dan untuk memastikan semua orang sadar bahwa hal ini bisa terjadi (kapan saja), semuannya belajar dari mereka,” kata Whitting.

GP Tiongkok akan digelar pada Minggu 15 Maret mendatang. Sementara itu, sesi latihan bebas dan kualifikasi akan dijadwalkan pada Jumat 13 Maret dan Sabtu 14 Maret waktu setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *