Alibaba Mengajak Daimler, Audi, dan Volvo Pasang Solusi AI Otomotif

Alibaba A.I. Labs mengumumkan Daimler, Audi, dan Volvo Cars menjadi merek mobil pertama yang resmi mengadopsi solusi Auto Artificial Intelligence milik Labs.

Alibaba Mengajak Daimler, Audi, dan Volvo Pasang Solusi AI Otomotif

Solusi ini diklaim menghubungkan pelanggan dengan mobil mereka melalui Tmall Genie, yaitu asisten smart voice pertama dari Labs. Alibaba berencana melakukan kolaborasi dengan merek mobil lainnya yang tertarik untuk meningkatkan pengalaman mobilitas pemilik mobil di Tiongkok.

A.I. Labs merupakan institusi riset yang didirikan oleh Alibaba Group tahun lalu untuk mengeksplorasi lebih jauh interaksi manusia dan komputer melalui aplikasi dan produk yang didukung oleh AI.

Solusi terbaru Auto AI memungkinkan mobil-mobil di Tiongkok terhubung dengan Tmall Genie melalui cloud, sehingga pengguna dapat berbicara melalui smart speaker mereka di rumah untuk memonitor status mobil mereka atau memberikan perintah sederhana.

Contohnya adalah mengecek apakah mobil siap untuk berjalan, pintu terkunci atau jendela terbuka, lokasi mobil dan status bensin. Teknologi ini juga diklaim bisa memastikan onderdil mobil, termasuk mesin dan baterai dalam kondisi prima. Tak lupa juga mengunci pintu, menyalakan AC, merencanakan rute, dan menghitung lama perjalanan.

Ini pertama kalinya Tmall Genie dapat dihubungkan dengan kendaraan dan menawarkan layanan AI dari rumah ke mobil di Tiongkok. Dalam waktu dekat, pelanggan Mercedes-Benz CONNECT, Audi Connect, dan Volvo Cars dapat memonitor dan mengontrol fungsi kendaraan mereka dari rumah dengan alat yang dapat dihubungkan dengan Tmall Genie.

“Sama seperti rumah dan kantor, mobil adalah lingkungan tempat manusia menghabiskan cukup banyak waktu, dan dengan konektivitas hal ini dapat menjadi bagian penting dari hidup,” ujar Lijuan Chen, Kepala Alibaba A.I. Labs.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih cerdas dan personal,” tambah Chen.

Ke depannya, Labs berharap dapat mengeksplor lebih jauh layanan seperti speech interaction dan Natural Language Processing (NLP) pada AI otomotif dengan mengintegrasi fitur AliGenie, platform AI yang membantu Tmall Genie.

Fitur-fitur ini akan mendukung sistem operasional kendaraan mulai dari perintah suara untuk menghidupkan navigasi mobil and sistem hiburan. Pengguna bahkan dapat mengontrol peralatan Tmall Genie yang ada di rumah melalui mobil mereka.

Untuk keamanan dari kontrol kendaraan, teknologi cetak suara akan digunakan untuk mengidentifikasi suara pengguna resmi sebelum menjalankan perintah suara.

Alibaba AI Labs mengumumkan peluncuran AliGenie 2.0 bulan lalu yang melengkapi Tmall Genie dengan kemampuan pengenalan visual yang memungkinkan untuk memindai dan membaca buku serta label pada produk obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *