XL: Konsumen Mulai Ramai Pakai VoIP

XL Axiata memprediksi trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran.

Pada periode Ramadan-Lebaran tahun 2017 lalu, total trafik data mencapai 3.700TB, sementara itu trafik di hari biasa 2018 telah mencapai 6.055TB.

Untuk trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti, diprediksi akan meningkat sebesar 20-30 persen. Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.
Layanan streaming video dan musik akan mengalami kenaikan trafik tertinggi.

Hal ini berdasarkan data distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan. Layanan streaming memang menjadi yang paling dominan, yaitu sekitar 48 persen.

Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, media sosial 14 persen, layanan pesan instan 9 persen, layanan berbagi penyimpanan 5 persen, dan VoIP 2 persen.

“Kalau melihat konsumen akses layanan video, itu tidak hanya YouTube. Sekarang sudah ada layanan lain seperti iflix,” kata kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

“Ada peningkatan penggunaan layanan VoIP melalui aplikasi pengirim ppesan popular seperti WhatsApp. Layanan VoIP akan banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS untuk berkirim pesan atau ucapan.” Setelah itu juga diprediksi peningkatan akses ke layanan peta seperti Waze dan Google Map.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *