Pencetak Gol Tertua Putaran Final Piala Eropa

Setelah setahun tertunda akibat pandemi Covid-19, turnamen Euro 2020 akan segera dimulai pada akhir pekan ini. Sebelas kota di sebelas negara akan menjadi palagan bagi turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di Eropa tersebut.

Sejak pertama kali dihelat pada 1960, gelaran Euro tahun ini akan menjadi yang ke-16.

Pemain-pemain yang ikut terlibat dalam turnamen Piala Eropa ini pun sudah mencapai ratusan dalam 15 edisi yang sudah digelar. Bukan hanya pemain-pemain muda, sejumlah pemain ‘berumur’ pun masih ikut serta dalam gelaran ini.

Ada sejumlah pemain berusia senja, untuk ukuran pesepak bola profesional, yang sempat berkiprah dalam ajang ini. Sebagian mereka bahkan masih mampu menunjukkan taji dengan mencetak gol.

Mari kita simak siapa saja para pemain-pemain tua yang mampu mencetak gol di putaran final Piala Eropa di bawah ini.

Christian Panucci

Posisi tujuh dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Christian Panucci. Pemain asal Italia ini mencetak gol terakhirnya di putaran final Piala Eropa dalam usia 35 tahun dan 62 hari.

Gol bersejarah Panucci tersebut tercipta pada gelaran Euro 2008, kontra Rumania. Dalam laga yang dihelat 13 Juni 2008 tersebut, Italia bermain imbang 1-1 dengan Rumania.

Jan Koller

Jan Koller menempati peringkat keenam dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa. Penyerang asal Republik Ceko ini mencetak gol terakhirnya di putaran final Piala Eropa dalam usia 35 tahun dan 77 hari.

Gol bersejarah Koller ini terjadi pada perhelatan Euro 2008, versus Turki. Dalam pertandingan yang dihelat 15 Juni 2008 ini, Koller dan kawan-kawan harus menelan kekalahan 2-3.

Giorgios Karagounis

Posisi lima dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Giorgios Karagounis. Pemain asal Yunani ini mencetak gol pamungkasnya di putaran final Piala Eropa dalam usia 35 tahun 102 hari.

Gol Karagounis ini terjadi pada gelaran Euro 2012, kontra Rusia. Dalam laga yang dihelat 16 Juni 2012 tersebut, Yunani sukses meraih kemenangan 1-0.

Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko menempati peringkat keempat dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa. Legenda Ukraina ini mencetak gol terakhirnya di putaran final Piala Eropa dalam usia 35 tahun dan 256 hari.

Gol Sheva ini tercipta pada laga putaran final Euro 2012, kontra Swedia. Pada laga yang dihelat 11 Juni 2012 tersebut, Ukraina menang dengan skor 2-1.

Gareth McAuley

Posisi tiga dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati Gareth McAuley. Pemain asal Irlandia Utara tersebut mencetak gol pamungkasnya di putaran final Piala Eropa kala berusia 36 tahun dan 194 hari.

McAuley mencetak golnya ini pada laga putaran final Euro 2016 kontra Ukraina. Pada laga yang digelar 16 Juni 2016 tersebut, Irlandia Utara menang dua gol tanpa balas.

Zoltan Gera

Zoltan Gera menempati peringkat kedua dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa. Pemain asal Hungaria tersebut mencetak gol terakhirnya pada putaran final Piala Eropa kala berusia 37 tahun dan 61 hari.

Gol Gera ini terjadi pada laga putaran final Euro 2016, kontra Portugal. Dalam pertandingan yang dihelat 22 Juni 2016 tersebut, Hungaria bermain imbang 3-3 dengan Portugal.

Ivica Vastic

Posisi puncak dalam daftar pencetak gol tertua sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Ivica Vastic. Pemain asal Austria tersebut mencetak gol pamungkasnya di putaran final Piala Eropa saat berusia 38 tahun dan 257 hari.

Gol Vastic tercipta pada laga putaran final Euro 2008, kontra Polandia. Dalam pertandingan yang dihelat 12 Juni 2008 ini, Austria bermain imbang 1-1 dengan Polandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *